Sabtu, 21 April 2012

Media Berbasis Komputer dan Media Berbantu Microsoft PowerPoint ^^ [makalah TP]

^^ minggu ini presentasi TP,....!!!! asiiiikkk,....! aku yang suka banget sama komputer, waahh,.. jadi ngerasa happy nggarap makalah ini,... ^^
eits,... hehe,... semoga bermanfaat,... ^^

PENDAHULUAN
Perkembangan dunia informasi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Siapapun dapat dengan mudah mengakses maupun mengirim informasi dalam bentuk digital. Informasi yang disampaikan dapat disusun secara professional dalam bentuk yang lebih menarik yaitu melalui sebuah presentasi. Alternative presentasi menjadi pilihan dalam menyampaikan informasi karena mudah untuk membuatnya dan hasilnya pun sangat memuaskan.
Microsoft PowerPoint merupakan salah satu aplikasi presentasi yang banyak digunakan pada saat ini. Hal ini dikarenakan banyak sekali kemudahan dan kelebihan yang disediakan sehingga mereka dapat menyampaikan presentasi kerja secara professional dan menarik. Microsoft PowerPoint sangat mudah dioperasikan. Kemudahan dan kelebihan dari fasilitas-fasilitas yang diberikan dan didukung dengan tampilan yang menarik akan membuat orang cepat memahami dan mahir menggunakannya.
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai media bantuan computer, pengenalan Microsoft PowerPoint serta pemanfaatan media PowerPoint dalam pembelajaran.

PEMBAHASAN
A. Media Bantuan Komputer
              #  Pengertian Komputer
Computer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori.[1]
              #  Perangkat Komputer
                   - perangkat keras
Perangkat keras merupakan perangkat computer yang dapat dilihat. Seperti motherboard, VGA, RAM, hard disk, CPU, dan powersupply.
                  - perangkat lunak
Perangkat lunak merupakan perangkat computer yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata. Tanpa perangkat lunak, computer tidak akan dapat berbuat apa-apa. Perangkat computer ini dikenal dengan nama Operating System. Manusia hanya memberi instruksi-instruksi khusus.
Instruksi-instruksi yang ditulis oleh pembuat program dilakukan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu. Perangkat lunak juga dapat dikategorikan ke dalam tiga bagian, yaitu perangkat lunak system operasi (operating system), perangkat lunak bahasa (language software), dan perangkat lunak aplikasi (application software).[1]

Selain pengklasifikasian perangkat computer yang meliputi perangkat keras dan perangkat lunak, dikenal juga pengklasifikasian berdasarkan alat-alat pengolahan data. Seperti alat-alat input, proses, dan output.
a.       Alat input
Alat input adalah alat yang digunakan untuk menerima data juga memasukkan program. Yang termasuk alat input adalah keyboard, scanner, censor, mouse, touch screen, light pen, digitizing camera, flashdisk, USB, microphone, handycam, graphic pads, dll.
b.      Alat proses
Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan di alat output. Yang termasuk alat proses adalah CPU, ALU (Arithmetic Logical Unit), CU (Control Unit), mother board, register, chance memory, ROM, RAM, PCI, floppydisk, harddisk, CD, flashdisk, zip drive, pita magnetic, DVD, LAN card, VGA, Wireless network adapter, TV tuner, modem, dll.
c.       Alat output
Alat output adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data dari alat pemroses. Yang termasuk alat output adalah monitor, printer, speaker, LCD, OHP, proyektor, mesin fotocopy, dll.
              #  Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia). Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang dapat digunakan dalam pembelajaran meliputi:
a.       Penggunaan multimedia presentasi
Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoretis, digunakan dalam pembelajaran klasikal. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga dapat memaksimalkan proses pembelajaran serta menarik minat peserta didik.
Presentasi merupakan salah satu metode pernbelajaran. Penggunaannya yang menempati frekuensi paling tinggi dibandingkan dengan metode lainnya. Berbagai alat yang dikembangkan, telah memberikan pengaruh yang sangat basar bukan hanya pada pengembangan kegiatan praktis dalam kegiatan presentasi pembelajaran akan tetapi juga pada teori-teori yang mendasarinya. Perkembangan terakhir pada bidang presentasi dengan alat bantu komputer telah menyebabkan perubahan tuntutan penyelenggaraan pembelajaran. Di antaranya tuntutan terhadap peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru dalam mengolah bahan-bahan pembelajaran ke dalam media presentasi yang berbasis komputer.
b.      CD Multimedia Interaktif
CD interaktif dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam perkembangan CD interaktif ini, yaitu Computer Based Instructuion (CBI) dan Computer Assisted Instructuion (CAI.) Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multi media terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafis.
Pada umumnya tipe penyajian yang banyak digunakan adalah “tutorial”. Tutorial ini membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik. Setiap siswa cenderung memiliki perbedaan penguasaan materi tergantung dari kemampuan yang dimilikinya. Penggunaan tutorial melalui CD interaktif lebih efektif untuk mengajarkan penguasaan Software kepada siswa dibandingkan dengan mengajarkanhardware. Misalnya tutorial Microsoft Office Word, Access, Excel, dan Power Point. Kelebihan lain dari CD interaktif ini adalah siswa dapat belajar secara mandiri, tidak harus tergantung kepada guru/instruktur. Siswa dapat memulai belajar kapan saja dan dapat mengakhiri sesuai dengan keinginannya. Selain itu, materi-materi yang diajarkan dalam CD tersebut dapat langsung dipraktekkan oleh siswa terhadap siftware tersebut. Terdapat juga fungsi repeat, bermanfaat untuk mengulangi materi secara berulang-ulang untuk penguasaan secara menyeluruh.
c.       Video Pembelajaran
Selain CD interaktif, video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video. Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Misalnya cara penyerbukan pada tumbukan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi dan lain-lain.
d.      Internet
Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analis, tidak hanya konsumen informasi saja. Peserta didik dapat menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Peserta didik dan guru tidak perlu hadir secara fisik di kelas, karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online. Siswa dapat belajar bekerjasama  satu sama lain. Mereka dapat saling berkirim e-mail untuk mendiskusikan bahan ajar. Selain mengerjakan tugas-tugas pembelajaran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru siswa dapat berkomunikasi dengan teman sekelasnya.
              #  Kelebihan Penggunaan Komputer
Kelebihan penggunaan computer sebagai alat bantu adalah sebagai berikut:
a.       Komputer tidak pernah lelah (mungkin kalau terlalu panas jadi rusak),
b.      Memiliki kecepatan dan ketelitian yang tinggi dalam mengerjakan fungsinya,
c.       Memiliki media penyimpanan yang ringkas dan berkapasitas besar,
d.      Mampu mengolah data dalam jumlah besar dan,
e.       Dapat membuka lapangan pekerjaan baru sebagai ahli computer.
              #  Kekurangan Penggunaan Komputer
a.       Manusia semakin tergantung dengan bantuan computer,
b.      Berkurangnya tenaga kerja akibat pekerjaannya digantikan oleh computer,
c.       Komputer melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah manusia, bila terdapat kesalahan, computer tetap mengerjakan kesalahan tersebut.
B. Media Microsoft PowerPoint
              #  Pengertian Microsoft PowerPoint
Media adalah salah satu komponen penting di dalam proses pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran yang lebih maju dan variatif dapat dibuat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komputer. Power point adalah salah satu program (software) yang menawarkan kemudahan membuat media presentasi pembelajaran audio-visual berbasis komputer. Guru perlu mengetahui dan memahami pemanfaatan powerpoint dengan maksimal mealui belajar dan latihan untuk membuat media presentasi pembelajaran yang menarik.
Microsoft PowerPoint merupakan perangkat lunak yang mudah dan sering digunakan untuk membuat media pembelajaran. Di dalam PowerPoint terdapat menu-menu yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif dan lebih menyenangkan.
              #  Fitur-fitur dalam PowerPoint
a.       Ribbon
Pada ribbon utama, terdapat delapan kategori, yakni:[1]
1)      Home, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk tugas-tugas penyuntingan dasar
2)      Insert, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menyisipkan objek-objek tertentu ke dalam slide, misalnya gambar, table, header, footer, dan lain-lain
3)      Design, berisi pilihan design slide
4)      Animations, berisi pilihan dan pengelolaan terhadap animasi objek-objek di dalam slide
5)      Slide show, berisi tombol-tombol untuk pengelolaan penyajian presentasi
6)      Review, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk melakukan pemerinksaan terhadap file presentasi
7)      View, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menentukan tampilan presentasi.
b.      Pembuatan slide master
Slide master merupakan ruang dimana master dari slide-slide yang dikelola dalam sebuah PowerPoint. Dapat dikelola menjadi sebuah template yang pada akhirnya mudah uk dimanfaatkan secara cepat dalam pengisian slide-slide presentasi. Pengaturan terstruktur dan seraga menjadi cirri khas pemanfaatan fasilitas slide master. Di dalam ruang ini juga pengaturan header ataupun footer halaman dapat dilakukan. Pengelolaan action setting dan hyperlink yang baik menjadikan presentasi semakin baik.[2]
c.       Penambahan animasi teks, gambar, sound dan video
Dalam powerpoint dapat ditambahkan animasi gambar bergerak, teks, gambar diam, sound, maupun video.
Suatu presentasi yang disampaikan ke hadapan audiensi akan tampak lebih menarik dan hidup apabila dalam presentasi tersebut ditambahkan efek animasi yang mampu mempengaruhi tampilan presentasi tersebut. Semakin canggih dan semakin hidupnya suatu presentasi akan semakin mendukung profesionalisme performance anda dalam bekerja.[3]
Salah satu keunggulan fasilitas Microsoft PowerPoint yaitu dengan diberikannya kemudahan untuk menambahkan unsur maupun efek multimedia ke dalam presentasi.[4]
Animasi dalam PowerPoint penting untuk menarik perhatian audiens dan membuat presentasi lebih interaktif, tidak membosankan dan lebih menyenangkan. Namun demikian, penggunaan animasi yang berlebihan justru akan mengaburkan isi presentasi. Gunakan presentasi animasi teks dan gambar seperlunya saja.
Dalam PowerPoint terdapat dua jenis animasi utama yang dapat digunakan, yaitu:
1)      Animasi slide transition (perpindahan antarslide)
2)      Custom animation (untuk animasi teks dan gambar)
Custom animation terdiri dari empat jenis animasi, yaitu:
a)      Entrance (cocok untuk teks/gambar yang akan masuk ke slide presentasi)
b)      Emphasis (animasi perubahan warna)
c)      Exit (cocok untuk teks/gambar yang akan keluar dari slide presentasi)
d)     Motion Path (animasi yang mengikuti arah jalur)
Jenis animasi untuk teks dan gambar dapat dibuat sesuai dengan keinginan. Namun demikian usahakan agar animasi yang digunakan konsisten dan jangan terlalu banyak jenis animasi dalam satu slide.
d.      Penambahan hyperlink
Beberapa presentasi membutuhkan sambungan atau koneksi pada aplikasi lain diluar MS PowerPoint.
Hyperlink pada Ms PowerPoint diartikan sebagai media presentasi yang dapat memberikan kemudahan menghubungkan sebuah file yang berbeda atau menghubungkan banyak slide-slide pada satu file PowerPoint, sehingga tambil dengan cepat, yang memberikan kemudahan tanpa secara manual mencari file atau slide yang ingin dilihat tersebut.[5]
Hyperlink terdiri dari dua fungsi sebagai penghubung, yaitu:
1)      Hyperlink antar file (dari file jenis PowerPoint ke file lain)
2)      Hyperlink dalam satu file (hyperlink ini menghubungkan antar slide dalam satu file PowerPoint)
               # Tips Singkat Bekerja dengan PowerPoint
a.       Masukkan judul utama materi presentasi yang akan disampaikan pada slide pertama
b.      Masukkan sub judul materi di slide kedua
c.       Masukkan point-point pokok materi setiap sub secara berurut pada slide-slide berikutnya
d.      Manfaatkan menu insert seperti picture, shape, chart, dan yang lainnya untuk mempercantik tampilan
e.       Tampilan template / background hendaknya sederhana, kontras dengan objek (teks, gambar, dll), dan konsisten.
f.       Hindari menggunakan jenis huruf yang sulit. Seperti Forte, Algerian, Freestyle Script, dan semacamnya.
g.   Hindari menggunakan huruf terlalu kecil. Besar huruf yang disarankan minimal 18 pt (misalnya: 32 pt untuk judul, 28 pt untuk sub judul, 22 pt sub sub judul, dst).
h.      Bila menggunakan Bullet hendaknya tidak lebih dari 6 buah dalam satu slide.
i.       Pilih warna yang serasi dengan tetap memperhatikan asas kontras. Berikan penonjolan warna pada bagian yang dipentingkan. Hindari menggunakan lebih dari tiga macam warna.
j.       Gunakan Visualisai (gambar, animasi, audio, grafik, video, dll) untuk memperjelaskan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur.
k.      Jangan memasukkan terlalu banyak animasi pada slide.
l.        Animasi yang digunakan hendaknya konsisten.
m.    Hindari menggunakan lebih dari 25 kata dalam satu slide.
               # Kelebihan Penggunaan PowerPoint

a.       Memberikan point-point penting pada materi yang diajarkan
b.      Menarik perhatian peserta didik
c.       Menyediakan banyak variasi desain tampilan/layout
d.      Dapat memasukkan berbagai macam ilustrasi seperti chart, picture, sound, movie, animasi, untuk memperkuat materi yang diajarkan.
e.       Keterangan dapat ditulis dan dilengkapi gambar
f.       Dapat dihubungkan dengan LCD sehingga lebih efektif untuk kelas klasikal/ kelas besar

              #  Kekurangan Penggunaan PowerPoint

a.       Membutuhkan keterampilan khusus
b.      Tidak efektif dalam pembelajaran bahasa
c.       Tergantung pada ketersediaan aliran listrik



PENUTUP

Computer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat. Computer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat computer juga dapat dibedakan menjadi tiga, yakni perangkat input, perangkat proses, dan perangkat output. Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang dapat digunakan dalam pembelajaran meliputi: penggunaan multimedia presentasi, CD multimedia interaktif, video pembelajaran, dan internet.
Microsoft PowerPoint merupakan perangkat lunak yang mudah dan sering digunakan untuk membuat media pembelajaran. Keunggulan Microsoft PowePoint yang ditawarkan diantaranya adalah ribbon, slide master, animasi, dan hyperlink.
Kelebihan penggunaan PowerPoint, antara lain: (1) memberikan point-point penting pada materi yang diajarkan, (2) menarik perhatian peserta didik, (3) menyediakan banyak variasi desain tampilan/layout, (4) dapat memasukkan berbagai macam ilustrasi, (5) keterangan dapat ditulis dan dilengkapi gambar, (5) dapat dihubungkan dengan LCD sehingga lebih efektif untuk kelas klasikal/besar.
Sedangkan kekurangan dari PowerPoint, antara lain: (1) membutuhkan keterampilan khusus, (2) tidak efektif dalam pembelajaran bahasa, (3) tergantung pada ketersediaan aliran listrik.


DAFTAR PUSTAKA

Jogiyanto. 2002. Pengenalan Komputer Dasar Ilmu Komputer Pemrograman, System Informasi dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta: Penerbit Andi
Kurniawan, Yahya. 2010. Belajar Sendiri Microsoft Office PowerPoint. Jakarta: Gramedia
Wahana. 2004. Menyusun Presentasi dengan Microsoft PowerPoint XP Secara Profesional. Jakarta: Salemba Infotek
http://belalangtue.wordpress.com/2010/07/01/hyperlink-pada-powerpoint/ diunduh pada tanggal 20 April 2012 pukul 7:22 WIB.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar