Sabtu, 16 Februari 2013

Menejemen Rumah Tangga (o^_^o)

Sekedar me-review kembali materi ini,.. ^^


Waktu yang akan menjadikan kita dewasa.
Semua akan terasa nikmat ketika dalam tiap langkah selalu disertai dengan syukur.
Badai pasti ada. Kerikil-kerikil kecil pasti ada.
Ingat? Ketika ditimpakan suatu masalah, Allah tak meminta kita untuk memikirkan sehingga penat. Allah hanya meminta kita untuk SHOLAT dan SABAR.
Begitu juga dalam mengaruhi bahtera rumah tangga,....
_Anz_

Pernikahan merupakan sebuah kerangka terbaik untuk membingkai sebuah rasa yang Allah fitrahkan kepada manusia. Cinta dan Kasih Sayang.

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."
[QS. Ar Ruum: 21]

Berikut adalah keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang suami dalam berumah tangga:
# Keterampilan memimpin keluarga [QS.2: 228] Bahwa suami memiliki kelebihan di atas mereka (istri).
# Keterampilan mencari nafkah
# Keterampilan mengelola harta. Bahwa keterampilan ini tak hanya harus dimiliki oleh seorang istri, tapi juga suami. Dimana pengelolaan ini akan baik ketika memperhatikan skala prioritas.
# Keterampilan interaksi dan komunikasi. Baik dengan istri, anak-anak, maupun dalam keluarga dalam lingkup yang lebih luas.
# Keterampilan praktis dalam kerumahtanggan.
# Keterampilan mendidik anak. Bahwa tanggungjawab mendidik anak adalah tanggungjawab bersama. Keberhasilan seorang anak sangat ditentukan oleh peran ayah dan ibunya.
# Keterampilan mengelola waktu. Bahwa ia, tak hanya memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai suami saja, ia pun hamba Allah, bagian dari masyarakat, memiliki peran dan tugas dalam masyarakat, dll.
# Keterampilan sosial. Jangan sampai ada anggapan bahwa orang yang suka ngaji itu pasti kaku di sosialnya. Nah, jangan sampai itu ter-image kan pada kita.

Adapun keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang istri, tak jauh berbeda dengan keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh suami. Hanya saja pada materi ini lebih difokuskan pada keterampilan mengelola keuangan. :D
Pengelolaan keuangan harus memperhatikan skala prioritas. Hal ini bertujuan agar dapat mengalokasikan dana yang jumlahnya memang terbatas. Bahwa keinginan berbeda dengan kebutuhan. Seorang istri, ibu, harus pandai-pandai membagi keuangan ke dalam pos-pos yang sudah disepakati. Misal, untuk pendidikan anak sekian, untuk tabungan sekian, untuk pembersih sekian, untuk ini dan untuk itu sekian sekian.
Kalau rumus and tipsnya mba Cici sih, Penghasilan - (dikurangi) tabungan = konsumsi.
Kenapa? Iya, karena kalau Penghasilan - konsumsi = tabungan, nanti yang ada justru bisa jadi kita tak memiliki target tabungan. Konsumsi kita bisa tak terbatas, padahal kebutuhan untuk jangka panjang memerlukan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu perlunya menyisihkan sebagian uang untuk menabung untuk masa depan anak dan keluarga.
Ada lagi tips yang lain, manfaatkan lahan di rumah untuk bercocok tanam. Memanfaatkan tanah yang ada untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misal dengan menanam cabai, tomat, sayur-sayuran, dll. Ya paling nggak ketika kita butuh dan kepepet gak ada dana, tinggal ambil aja deh di kebun. ^^ Like this,... 

Semoga full manfaat, full barokah. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar