Senin, 21 Mei 2012

Tugas Resume PPL-1 Vol.3 ^^

dan ini, yang terakhir,.. ^^

Materi III : Keterampilan Mengajar
Keterampilan guru mengajar merupakan salah satu jenis keterampilan  yang harus dikuasai guru. Dengan memiliki keterampilan mengajar, guru dapat  mengelola proses pembelajaran dengan baik yang berimplikasi pada motivasi  belajar dan peningkatan kualitas lulusan sekolah (Uno, 2006).
1.      Cakupan keterangan mengajar:
a.       Keterangan membuka dan menutup pelajaran
1)      Keterampilan membuka pelajaran
a)      Menarik perhatian siswa
-          Gaya mengajar guru
-          Penggunaan alat bantu
-          Pola interaksi. Pendekatan guru terhadap murid.
b)      Menumbuhkan motivasi
-          Kehangantan/keantusiasan
-          Menumbuhkan rasa ingin tahu
-          Mengemukakan ide siswa
-          Memperhatikan minat siswa. Contoh: ketika di awal pelajaran siswa diajak menyanyi.
c)      Memberikan acuan
-          Mengemukakan tujuan
-          Menjelaskan langkah pembelajaran. Memberi instruksi yang jelas.
-          Mengajukan pertanyaan (pre-test)
d)     Membuat hubungan antar materi
-          Mengadakan apersepsi
-          Menjelaskan konsep umum
2)      Keterampilan menutup pelajaran
a)      Meninjau kembali inti materi
-          Merangkum/meringkas
-          Menyimpulkan
b)      Mengevaluasi
-          Mengajukan pertanyaan (post-test)
-          Demonstrasi. Dengan menyampaikan secara global, diperagakan, diperjelas.
-          Penugasan
b.      Keterangan menjelaskan
1)      Kejelasan
a)      Menggunakan kalimat yang mudah
b)      Menghindari kata-kata yang berlebihan. Menyampaikan materi yang berhubungan dengan pelajaran.
2)      Penggunaan contoh/ilustrasi. Penggunaan contoh harus tepat, seperti mimik. Dengan contoh yang relevan.
a)      Menggunakan contoh-contoh.
b)      Contoh relevan dengan penjelasan.
c)      Contoh sesuai dengan kemampuan. Guru membuatkan contoh yang ada disekitar.
3)      Pengorganisasian
a)      Pola struktur sajian
b)      Memberikan penekanan hal penting. Guru memberikan point-point penting.
4)      Penekanan pada hal penting
a)      Dengan nada suara
b)      Dengan cara mengulangi
c)      Dengan gambar demonstrasi. Contohnya gambar orang sholat, wudhu, dll.
d)      Dengan mimik, gerak.
5)      Balikan
a)      Mengajukan pertanyaan. Guru berbalik bertanya untuk menguji sejauh mana siswa memahami pelajaran yang disampaikan.
b)      Meminta respon siswa. Guru menyanyakan apakah siswa sudah paham atau belum.
c)      Minta komentar siswa. Komentar siswa bisa untuk mengetahui materi yang disampaikan sudah ‘sampai’ atau belum.
c.       Keterangan bertanya
1)      Bertanya dasar
a)      Penggunaan pertanyaan secara jelas
b)      Pemberian acuan. Memberikan penambahan, ilustrasi untuk menguatkan dan memantapkan apa yang disampaikan.
c)      Pemindahan giliran
d)      Penyebaran
e)      Pemberian waktu berfikir
f)       Pemberian tuntunan.
2)      Bertanya lanjut
a)      Pengubahan tuntutan level kognitif
b)      Pengaturan urutan pertanyaan
c)      Penggunaan pertanyaan pelacak. Pertanyaannya acak.
d)      Peningkatan terjadinya
d.      Keterangan memberi penguatan
1)      Penguatan verbal
a)      Dengan kata-kata
b)      Dengan kalimat
2)      Penguatan non verbal
a)      Dengan bahasa isyarat
b)      Dengan mimic, gerak
e.       Keterangan mengadakan variasi
1)      Variasi gaya mengajar
a)      Suara. Suara kecil atau besar dapat berpengaruh.
-          Nada suara. Keras, lunak, lemah, dll.
-          Volume suara
-          Kecepatan bicara
b)      Kesenyapan
-          Selingan diam
-          Kesibukan/kegiatan dihentikan
-          Perubahan stimulus
c)      Mimic dan gerak
-          Ekspresi wajah
-          Gerak badan
-          Gerak tangan
2)      Variasi media
a)      Alat/bahan yang dapat dilihat
b)      Alat/bahan yang dapat didengar
c)      Alat/bahan yang dapat diraba (diperagakan)
d)      Audio visual
3)      Ariasi pola interaksi
a)      Pola satu arah (guru-siswa)
b)      Pola dua arah (guru-siswa-guru)
c)      Pola tiga arah (guru-siswa-siswa)
d)      Pola multi arah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar