Minggu, 23 Desember 2012

Cukuplah Bagiku Satu Cinta

Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?
_Asma Nadia
#Catatan Hati Seorang Istri # Istana Kedua

Ya, satu pertanyaan yang sangat menggelitikku malam ini. Pertanyaan yang sama yang mungkin juga akan dilontarkan oleh setiap wanita. Lelaki tetaplah lelaki.
Sebuah blog saya baca malam ini, menguatkan kembali akan sifat laki-laki.

Bahwa poligami bisa sangat menyakiti seorang istri. Bahwa: Mengapa cuma memandang Rasulullah selama berpoligami? Mengapa tidak memandang beliau ketika 28 tahun bersama Khadijah?
Pernah saya membaca tulisan seseorang di socmed mencantumkan ini:
Bukhori, Muslim Turmudzi, dan Ibn Majah, Nabi SAW marah besar ketika mendengar putri beliau, Fathiman Binti Muhammad SAW, akan dipoligami Ali bin Abi Thalib RA. Ketika mendengar rencana itu, Nabi pun langsung masuk ke masjid dan naik mimbar, lalu berseru: "Beberapa keluarga Bani Hasyim bin al-Mughirah meminta izin kepadaku untuk mengawinkan putri mereka dengan Ali bin Abi Thalib. Ketahuilah, aku tidak akan mengizinkan, sekali lagi tidak akan mengizinkah. Sungguh tidak aku izinkah, kecuali Ali bin Abi Thalib menceraikan putriku, kupersilakan mengawini putri mereka. Ketahuilah, putriku itu bagian dariku; apa yang mengganggu perasaannya adalah menggangguku juga, apa yang menyakiti hatinya adalah menyakiti hatiku juga." (Jami' al-Ushul, juz XII, 162, nomor hadist: 9026).
Sama dengan Nabi yang berbicara tentang Fatimah, hampir setiap orangtua tidak akan rela jika putrinya dimadu. Seperti dikatakan Nabi, poligami akan menyakiti hati perempuan, dan juga menyakiti hati orangtuanya.
Jika pernyataan Nabi ini dijadikan dasar, maka bisa dipastikan yang sunah justru adalah tidak mempraktikkan poligami karena itu yang tidak dikehendaki Nabi. Dan Ali bin Abi Thalib RA sendiri tetap setia sampai Fathimah RA wafat. :)
Atau sebuah kutipan yang saya ambil dari seorang penulis buku religius:
Tiga dari 5 lelaki utama ummat ini (Muhammad, 'Utsman, 'Ali) tidak mempoligami isteri pertama. Dua yang lain ya. Jadi silakan pilih sikap.
(Salim A. Fillah. penulis*)
Renungkan,...
Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan? (Arini).

By: fitrifebruari.tumblr.com

Di akhir, saya ingin mengatakan kembali apa yang pernah dikatakan oleh Anna Althafunnisa dalam film Ketika Cinta Bertasbih, bahwa aku, ingin menjadi seperti Fathimah Az-Zahra yang seumur hidupnya tidak pernah dimadu oleh Ali,...
Ya,. aku ingin seperti beliau,......
Semoga,.... :)
Bagiku, cukuplah untuku satu cinta. Cukup dia yang aku lihat. Ya, cukup dia. Tidak dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar