Selasa, 20 Maret 2012

Media Pembelajaran (Diskusi kelompok ke-3|Wahid, dkk)

Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran
Dosen Pengampu: Sigit Prasetya

A. Pengertian Media Pembelajaran
Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media merupakan bentuk jamak dari kata "media" yang berasal dari bahasa latin yang berarti "antara".
Media pembelajaran merupakan sebuah bentuk perangsang dan alat yang disediakan guru yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran dan medorong siswa belajar. Media pengajaran dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses belajar-mengajar.

B. Fungsi Media Pembelajaran
Media dalam konteks komunikasi memiliki fungsi yang sangat luas yakni sebagai berikut:
1. Fungsi edukatif, yakni bernilai pendidikan.
2. Fungsi sosial, yakni memberi info autentik (asli, dapat dipercaya) kepada peserta didik.
3. Fungsi ekonomis, yakni agar mencapai tujuan secara efektif.
4. Fungsi budaya, yakni bertujuan untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di masyarakat.
Menurut Winataputra (Arindawati, 2004:47-48), media pembelajaran berfungsi sebagai berikut:
1. Untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang lebih efektif.
2. Media pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan tujuan dan isi pembelajaran.
3. Media pembelajaran sebagai bagian yang integral dari keseluruhan proses pembelajaran.
4. Hiburan dan memancing perhatian siswa
5. Untuk mempercepat proses belajar dalam menangkap tujuan dan bahan ajar secara cepat.
6. Meningkatkan kualitas belajar mengajar.
7. Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkrit dalam menghindari terjadinya penyakit verbalisme.

C. Jenis-Jenis Media Pembelajaran
Terdapat enam jenis dasar dari media pembelajaran menurut Heinich dan Molenda (2005), yaitu:
1. Teks
2. Media audio
3. Media visual
4. Media proyeksi gerak
5. Benda-benda tiruan/miniatur
6. Manusia

D. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran
Pertimbangan pokok dalam memilih media, terdiri atas beberapa kriteria sebagai berikut:
1. Menunjang tercapainya tujuan pembelajaran
2. Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan dengan kemampuan siswa
3. Media yang digunakan hendaknya tepat guna
4. Media yang dipilih hendaknya memang tersedia
5. Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan siswa
6. Persiapan dan penggunaan media hendaknya disesuaikan dengan biaya yang tersedia
7. Kondisi fisik lingkungan turut mempengaruhi media

E. Analisis Media Pembelajaran
Langkah-langkah secara terinci dalam menganalisis media pembelajaran:
1. Memahami SK
2. Memahami KD
3. Menentukan materi
Dalam menentukan materi ini tentu harus melihat Konpetensi Dasar yang diinginkan, dengan dmeikian materi yang dipilih tidak akan menyimpang dari tujuan yang diinginkan.

F. Desain Media Pembelajaran
Desain media adalah rancangan media yan dipilih dari hasil analisis media pembelajaran. Dalam desain media ini mengandung informasi tentang:
1. SK
2. KD
3. Jenis media yang dipilih
4. Sket media
5. Bahan yang diperlukan
6. Proses pembuatan, dan
7. Aplikasi media dalam proses pembelajaran.

^_^ di bawah ini materi tambahannya untuk melengkapi materi di atas,.. :)
# Kriteria dalam memilih media pembelajaran:
1. Ketersediaan sumber. ada atau tidak. jika ada maka dimanfaatkan, dan jika tidak maka bisa dibuat atau dibeli.
2. Ketersediaan dana, tenaga, dan fasilitasnya.
3. Faktor kepraktisan, keawetan.
4. Memiliki pesan yang komunikatif
Menurut Romiszowski, kriteria dalam memilih media pembelajaran meliputi: komunikatif, harganya murah, nilai praktis, dan kondisi pemakainya.

#Yang mempengaruhi dalam memilih media pembelajaran
1. Metode pembelajaran. artinya, media pembelajaran disesuaikan dengan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2. Tujuan pembelajaran. tentu saja pemilihan media pembelajaran juga disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. misal, jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu memahami tata cara berwudhu, maka pemilihan media dapat alat wudhu itu sendiri [praktek langsung]
3. Karakteristik peserta didik.
4. Aspek kepraktisan (biaya dan waktu)
5. Faktor pemakai. artinya, pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan pemakainya (guru dan siswa) dalam menggunakan media tersebut.

#Contohnya dalam pemilihan dan pemanfaatan sumber belajar koran, maka yang harus diperhatikan: harus aktual, menarik isisnya, sesuai dengan tingkat kebutuhan siswa, komunikatif, tersedianya sumber belajar, praktis, ketahanan, efektifitas biaya, metode pembelajar yang digunakan, karakteristik peserta didik, dan kemampuan penerapannya.

#Faktor kelayakan dalam memilih media pembelajaran
1. Kelayakan praktis
- peserta didik familiar terhadap medianya
- tersedianya waktu pemilihan
- tersedianya media
- tersedianya sara dan fasilitas
2. Kelayakan teknis. mencakup:
- kualitas pesan (yaitu mudah dipahami, jelas, dan relevan)
- kualitas visual (yaitu menarik dan sederhana)
3. Kelayakan biaya

^__^ FINISH,..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar